Makalah metabolisme karbohidrat lengkap

Lemak tubuh tidak dapat dihidrolisis secara sempurna tanpa kehadiran karbohidrat. Metabolisme Protein………………………………. Laktosa rnisalnya berfungsi membantu penyerapan kalsium. Kolesterol juga dapat diproduksi oleh hati dengan bantuan enzim yang disebut HMG Koenzim-A Reduktase, kemudian dikirimkan ke dalam aliran darah.

Belum tentu. Pada waktu melalui hati, kelebihan gula yang diserap dari usus diambil oleh sel hati dan diubah menjadi glikogen.

Beberapa sel terutama sel hati, dapat menghasilkan glukosa dari substrat dan bukan dari karbohidrat. Lipase lambung berfungsi untuk hidrolisa asam lemak dan gliserol.

Makalah Lengkap Metabolisme Karbohidrat

Di mulut, lemak mulai mengalami tahapan pencernaan, terjadi penyesuaian suhu tertentu pada saat lemak dikunyah di mulut. Oleh karena itu tak heran jika sebagian orang dapat menahan lapar hingga siang hanya dengan sarapan kentang.

Glikogen dapat disimpan dalam kebanyakan sel, terutama dalam sel-sel hati dan otot.

Makalah Metabolisme Karbohidrat, Lemak dan Protein

Sumber karbohidrat nabati dalam glikogen bentuk glikogen, hanya dijumpai pada otot dan hati dan karbohidrat dalam bentuk laktosa hanya dijumpai di dalam susu. Kolesterol yang tidak diperlukan akan dilepaskan ke dalam darah, dimana pertama-tama akan berikatan dengan HDL High Density Lipoprotein.

Satu reaksi penting yang menggunakan donor isoprena aktif ini adalah biosintesis steroid. Glukagon, sekresi dari kelenjar pankreas ACTH, Makalah metabolisme karbohidrat lengkap, sekresi dari kelenjar hipofisis Adrenalin, sekresi dari kelenjar adrenal TH, sekresi dari kelenjar tiroid Lemak di dalam darah yang berlebih akan disimpan di dalam jaringan adiposa.

Ada beberapa jaringan tubuh seperti sistem syaraf dan eritrosit, hanya dapat menggunakan enersi yang berasal dari karbohidrat saja. Cabang-cabang ini akan tumbuh dengan penambahan cabang selanjutnya. Bagaimana proses glikolisis berlangsung? Di otot reakssi ini dikatalis oleh enzim heksokinase sedangkan di hati dikatalis oleh glukokinase.

Selanjutnya hasil pemecahan tersebut akan diubah oleh enzim lipase pankreas menjadi asam lemak dan gliserol 5. Proses pencernaan karbohidrat terjadi dengan menguraikan polisakarida menjadi monosakarida.

Aktifitas enzim lipase pankreas mencapai puncaknya pada pH 8. Dalam reaksi biokimia terjadi perubahan energi dari satu bentuk ke bentuk yang lain, misalnya energi kimia dalam bentuk senyawa Adenosin Trifosfat ATP diubah menjadi energi gerak untuk melakukan suatu aktivitas seperti bekerja, berlari, jalan, dan lain-lain Kistinnah, Bagaimana reaksi metabolisme lemak?

Pada tahap 3, molekul berkarbon 2 dioksidasi dan mengikat Ko-A koenzim A sehingga terbentuk asetil Ko-A.

Reaksi tahap keempat merupakan pemecahan senyawa karbohidrat beratom enam menjadi dua senyawa beratom tiga. Definisi Oksidasi Asam Piruvat……………………. Hal ini dimungkinkan karena reaksi berikutnya, yaitu reaksi kondensasi oksaloasetat dengan asetil koenzim A adalah reaksi eksergonik yang irreversibel.

Tapi apakah itu benar-benar gandum utuh yang kaya serat? Berikut gambar di bawah ini reaksi dekarboksilasi oksidatif dan reaksinya. Pentingnya proses metabolisme dalam tubuh berpengaruh penting pada kesehatan. Contoh senyawa lemak sederhana adalah lilin wax malam atau plastisin lemak sederhana yang padat pada suhu kamar ,dan minyak lemak sederhana yang cair pada suhu kamar.

Dapat direduksi kembali menjadi asam malat lalu masuk dalam siklus Krebs. Akhimya berbagai jenis karbohidrat diubah menjadi glukosa sebelum diikut sertakan dalam proses metabolisme. Glikolisis adalah urutan reaksi-reaksi yang mengkonversi glukosa menjadi piruvat bersamaan dengan produksi sejumlah ATP yang relatif kecil.

Sel-sel menyimpan energi kimia dalam bentuk makanan kemudian mengubahnya dalam bentuk energi lain pada proses metabolisme. Oleh karena itu, tahapan ini disebut sebagai tahapan sambungan junction antara glikolisis dengan siklus Krebs.

Oleh karena itu, pada makalah ini akan membahasas lebih mendalam mengenai Metabolisme Karbohidrat karena Metabolisme adalah proses pengolahan pembentukan dan penguraian zat -zat yang diperlukan oleh tubuh agar tubuh dapat menjalankan fungsinya, dimana makalah ini menekankan proses yang dijalani yaitu glikolisis dan oksidasi asam piruvat.

Dalam hal ini gugus disulfida dari asam lipoat diubah menjadi bentuk reduksinya, yaitu gugus sulfhidril. Sukrosa umumnya terdapat dalam gula tebu, gula bit serta gula mapel. Terjadi fosforilasi tingkat substrat pada pembentukan GTP guanosin trifosfat dan terbentuk suksinat 4 atom C.Adapun tujuan penulis dalam pembuatan makalah yang bertemakan “Kimia Karbonhidrat, Lipit, Protein dan Asam Amino ” adalah agar mahasiswa dapat mengetahui pengertian, fungsi, sumber, struktur dan gugus, klasifikasi,serta metabolisme karbonhidrat, lipid, protein dan asam amino.

Oleh karena itu, pada makalah ini akan membahasas lebih mendalam mengenai Metabolisme Karbohidrat karena Metabolisme adalah proses pengolahan (pembentukan dan penguraian) zat -zat yang diperlukan oleh tubuh agar tubuh dapat menjalankan fungsinya, dimana makalah ini menekankan proses yang dijalani yaitu glikolisis dan oksidasi asam vsfmorocco.com: Lusiana.

MAKALAH METABOLISME LEMAK/LIPID Lemak (Lipid) adalah zat organik hidrofobik yang bersifat sukar larut dalam vsfmorocco.com lemak dapat larut dalam pelarut organik seperti kloroform,eter dan benzen. Lipid adalah penyusun penting dari makanan karena mereka adalah sumber nilai energi tinggi. Lipid juga penting karena vitamin yang larut dalam lemak, dan.

· Demikianlah materi tentang Makalah Metabolisme Karbohidrat, Lemak dan Protein yang sempat kami berikan. semoga materi yang kami berikan dan jangan lupa juga untuk menyimak materi seputar Makalah Sistem Basis Data yang telah kami posting sebelumnya.

Semoga dapat membantu menambah wawasan anda semikian dan terimah kasih. Makalah Metabolisme Karbohidrat, Lemak, dan Protein Yuliana A BAB I PENDAHULUAN Latar belakang masalah Salah satu kebutuhan utama makhluk hidup adalah makanan.

Makalah lengkap yang membahas tentang materi metabolisme karbohidrat mencakup klasifikasi karbohidrat, penyerapan, metabolisme energi tahap glikolisis dan bagian lainnya.

Pengertian Karbohidrat mempunyai komposisi kimia yang mengandung C, H dan O. Semakin kompleks susunan komposisi kimia, maka akan semakin sulit dicerna.

Makalah metabolisme karbohidrat lengkap
Rated 4/5 based on 66 review