Konsep penyesuaian diet pasien diabetes

Sama dengan persiapan pasien pada tes glukosa darah puasa. Menurunkan berat badan bukan sekedar soal berdiet, tetapi juga menyangkut perubahan gaya hidup, olahraga, meninggalkan sedentary life atau hidup santai. Perencanaan Keperawatan a. Jenis kelamin Baik pria maupun wanita memiliki risiko yang sama besar untuk mengidap diabetes sampai usia40 tahun, karena jumlah sel-sel beta didalam pancreas yang memproduksi insulin menurun seiring bertambahnya umur.

Berikan obat antibiotik yang sesuai Penanganan awal dapat mambantu mencegah timbulnya sepsis. Bagi pasien yang tidak sadar, tidak mampu menelan atau menolak terapi, preparat glukagon 1 mg dapat disuntikkan secara SC atau IM.

Glukosa darah Pemeriksaan glukosa darah untuk menetapkan DM meliputi: Terdapat juga hubungan antara diabetes tipe I dengan beberapa antigen leukosit manusia HLAs. Pasien dapat menjadi hipotensi dan mengalami syok.

Respon autoimun dipacu oleh aktivitas limfosit, antibodi terhadap sel pulau langerhans dan terhadap insulin itu sendiri. Polidipsia disebabkan oleh dehidrasi dari poliuria.

Hipoglikemia 3. Retinopati d. Riwayat pankreatitis kronis d. Selama proses pengubahan ini, asam lemak bebas dipecah menjadi badan keton oleh hepar. Glukosuria dan ketonuria yang jelas juga dapat mengakibatkan diuresis osmotik dengan hasil akhir dehidrasi dan kekurangan elektrolit.

Jurnal Doc : dukungan keluarga pada pasien diabetes melitus

Polidipsia peningkatan rasa haus akibat volume urine yang sangat besar dan keluarnya air yang menyebabkan dehidrasi ekstrasel. Kaji adanya perubahan mental atau Perubahan mental berhubungan dengan sensori.

Peningkatan angka infeksi akibat penurunan protein sebagai bahan pembentukan antibody, peningkatan konsentrasi glukosa disekresi mukus, gangguan fungsi imun dan penurunan aliran darah pada penderita diabetes kronik. Glukosuria menunjukkan bahwa ambang ginjal terhadap reabsorpsi glukosa dicapai. Biasanya amputasi harus dilakukan.

Pada ibu hamil mengalami keguguran atau kematian janin dalam kandungan atau dengan bayi BB lahir lebih dari 4 kg. Memberikan pengukuran yang tepat terhadap pengeluaran urine terutama jika neuropati otonom menimbulkan retensi atau inkontinensia.

Vol 1 1. Dermatopati i. Penyesuaian ini menjamin bahwa cukup, namun tidak berlebihan, pasokan glukosa tersedia untuk ibu dan janin.

Keberadaan penyakit lain, sering menderita stress juga dapat menjadi penyebab terjadinya diabetes mellitus. Terjadi resistensi terhadap kerja insulin normal karena interaksi insulin dengan reseptor.

Kulit terasa panas seperti tertusuk jarum, gatal dan kering c. Diagnosa Keperawatan 1. Selain itu perubahan fungsi fisik yang menyebabkan keletihan dapat menutupi tanda dan gejala diabetes dan menghalangi lansia untuk mencari bantuan medis.

Pitt, M. Memberikan hasil pengkajian terbaik dari status cairan yang sedang berlangsung dan selanjutnya dalam memberikan cairan pengganti. Ada lima konponen dalam penatalaksanaan DM, yaitu: Dalam masyarakat, mereka yang berkelompok risiko DM: Kaji nadi perifer, pengisian kapiler, Merupakan indicator tingkat dehidrasi turgor kulit, dan membrane mukosa.

Neuropati, iskemia, dan sepsis bisa menyebabkan gangrene dan amputasi. Paru-paru mengeluarkan asam karbonat melalui pernapasan yang menghasilkan kompensasi alkalosis respiratorius terhadap keadaan ketoasidosis.

Penyakit mikrovaskular dan neuropati terjadi lebih sering pada diabetik DM tipe II karena kesulitan dalam menentukan awitan hiperglikemia. Diabetes mellitus perlu untuk diperhatikan karena risiko morbiditas dan mortalitas pada maternal dan perinatal tinggi.

Pemeriksaan sebaiknya dilakukan pagi hari karena ada efek diurnal hormon terhadap glukosa. Olahraga atau aktivitas fisik membantu kita untuk mengontrol berat badan. Askep Keluarga pada klien dengan Diabetes Mellitus A. Ketika glukosa yang berlebihan dieskresikan kedalam urine, ekskresi ini akan disertai pengeluaran cairan dan elektrolit yang berlebihan.

Pada diabetes tipe II keterbatasan respon sel beta terhadap hiperglikemia tampak menjadi faktor utama berkembangnya penyakit ini.dilaksanakan oleh pasien seperti melaksanakan diet sebagai kunci pengobatan, olah raga untuk menjaga kebugaran tubuh selain penggunaan obat diabetes oral maupun insulin (Darmani, ).

Tindakan yang dapat dilakukan pada pasien diabetes gestasional antara lain dengan tetap mengutamakan pengaturan diet diabetes, apabila kadar gula darah terlampau tinggi bisa dilakukan opname untuk regulasi dengan insulin baik intravena maupun suntikan subkutan.

Jadi usahakan pada semua penderita hamil untuk memilih pengobatan dengan pengaturan diet bila tidak tercapai. ยท Karena diet, aktivitas fisik dan stress fisik serta emosional dapat mempengaruhi pengendalian diabetes, maka pasien harus belajar untuk mengatur keseimbangan berbagai factor.

Penghargaan pasien tentang pentingnya pengetahuan dan keterampilan yang harus dimiliki oleh penderita diabetes dapat membantu perawat dalam melakukan pendidikan dan penyuluhan.

Diabetes mellitus (DM) merupakan kelainan metabolic dimana ditemukan ketidakmampuan untuk mengoksidasi karbohidrat, akibat gangguan pada mekanisme insulin yang normal, menimbulkan hiperglikemia, glikosuria, poliuria, rasa haus, rasa lapar, badan kurus, kelemahan, asidosis, sering menyebabkan dispnea, lipemia, ketonuria hingga koma (Dorland: ).Author: Anita Simanungkalit.

Edukasi diabetes adalah pendidikan dan latihan mengenai pengetahuan dan keterampilan dalam pengelolaan diabetes yang diberikan pada setiap pasien diabetes. Diasamping kepada pasien diabetes, edukasi juga diberikan kepada anggota keluarganya, kelompok masyrakat beresiko tinggi dan pihak-pihak perencana kebijakan kesehatan.

I. Konsep Dasar Diabetes Mellitus. 1.

Memberikan kesempatan untuk menjelaskan sudut pandang / kedalam konsep. Memastikan bahwa pasien/orang terdekat memiliki informasi yang akurat/aktual untuk membuat pilihan-pilihan. (3) Berikan instruksi tertulis tentang manfaat dan lokasi aktivitas pelayanan kesehatan sesuai dengan keperluan.

R/: memudahkan pasien untuk melaksanakan diet dan .

Konsep penyesuaian diet pasien diabetes
Rated 4/5 based on 19 review