Kasus diet pasien pankreatitis

Terapi ditujukan untuk mencegah serta menangani serangan akut, mengurangi rasa nyeri serta gangguan rasa nyaman dan menangani insufisiensi eksokrin serta endokrin yang terdapat pada pankreatitis.

Di samping itu akan terjadi pula atrofi epitel duktus tersebut, inflamasi dan destruksi sel-sel pankreas yang melaksanakan fungsi sekresi. Pemberian makanan makanan per oral yang rendah lemak dan protein dimulai secara bertahap. Diare berhubungan dengan ekskresi lemak dalam feses yang berlebihan e.

Janganlah kamu berhenti untuk mencari, sesungguhnya kamu akan mendapat yang kamu cari. Bila penyakit berlanjut, dapat timbul abses atau daerah-daerah nekrosis yang berdinding, yang subur untuk timbulnya bakteri sehingga dapat menimbulkan abses yang purulen.

Gambar Pankreas Fisiologi atau Fungsi-Pankreas merupakan salah satu organ dalam tubuh yang memiliki kedua fungsi eksokrin dan endocrinal.

Serangan nyeri sering sangat hebat sehingga pemberian preparat narkotik, sekalipun dengan dosis tinggi, tidak mampu meredakan nyeri tersebut.

Biasanya disebabkan oleh penurunan asupan makanan akibat anoreksia atau perasaan takut bahwa makan akan memicu serangan berikutnya.

Kaji apakah klien pernah mengalami trauma seperti kemtian anggota keluarga, kehilangan pekerjaan yang berkontribusi terhadap peningkatan penggunaan alkohol.

Pada fase lanjut, pasien datang dalam keadaan sindrom syok atau dengan hemodinamik yang tidak stabil. Gambaran klinisnya menyerupai sepsis, tetapi tidak ada bukti-bukti infeksi. Penyebab Pankreatitis Akut Penyebab nomor satu pankreatitis akut adalah batu empedu.

Hiperlipidemia dapat merangsang secara berlebihan pelepasan enzim-enzim pancreas, atau berperan menyebabkan terbentuknya batu empedu. Catat faktor-faktor yang meningkatkan dan mengurangi nyeri. Beberapa tes diagnostik yang dapat dilakukan: Penurunan berat badan merupakan masalah utama pada pankreatitis kronis.

Akibatnya akan terbentuk sumbat protein dan batu kalkuli dalam duktus pankreas. Defekasi menjadi lebih sering dan feces menjadi berbuih steatore akibat gangguan pencernaan lemak.

Meningkatkan relaksasi dan memapukan pasien untuk memfokuskan perhatian, dapat meningkatkan koping. Alkoholisme kronik juga berkaitan dengan pancreatitis, alcohol menambah konsentrasi protein dalam cairan pancreas dan mengakibatkan endapan yang merupakan inti untuk terjadinya kalsifikasi yang menyebabkan pancreatitis.

Kaji status pernafasan frekuensi, pola, suara nafas pulsa oksimetri dan gas darah arteri Rasional: Merokok diyakini meningkatkan risiko pankreatitis di kalangan pecandu alkohol.

Kriteria standart: Pemeriksaan abdomen harus dilakukan untuk mengkaji rasa sakit, nyeri tekan, ketegangan muskuler dan bising usus. Pemasangan NGT dengan pengisapan suction isi lambung dapat dilakukan untuk meredakan gejala mual dan muntah, mengurangi distensi abdomen yang nyeri dan ileus paralitik serta untuk mengeluarkan asam klorida.

Sistem sirkulasi Resusitasi cairan dini dan agresif diduga dapat mencegah pelepasan MDF. Tindakan bedah juga dapat dilakukan sesudah penyakit berjalan beberapa waktu kebanyakan sesudah minggu perawatan intensif bilamana timbul penyulit seperti pembentukan pseudokista atau abses, pembentukan fistel, ileus karena obstruksi pada duodenum atau kolon, pada perdarahan hebat retroperitoneal atau intestinal.

Operasi endoskopi. Berhenti minum akan membantu mencegah kerusakan lebih lanjut pada pankreas. Defekasi menjadi lebih sering dan feces menjadi berbuih steatore akibat gangguan pencernaan lemak.

Penurunan perfusi pankreas dapat menyebabkan penurunan faktor depresan miokardial MDF. Akibatnya akan terbentuk sumbat protein dan batu kalkuli dalam duktus pankreas.

Terjadi Infeksi berhubungan dengan penekanan imun, Defisiensi nutrisi, kerusakan jaringan dan penyakit kronis d. Bila penyakit berlanjut, dapat timbul abses atau daerah-daerah nekrosis yang berdinding, yang subur untuk timbulnya bakteri sehingga dapat menimbulkan abses yang purulen.

Pembedahan umumnya dilakukan untuk mengurangi nyeri abdomen serta gangguan rasa nyaman, memulihkan drainase sekresi pankreas dan mengurangi frekuensi serangan pankreatitis akut.

Nyeri bertambah setelah pasien makan sesuatu. Pankreatikojejunostomi dengan anastomosis side-to-side atau penyambungn duktus pankreatikus dengan jejunum memungkinkan drainase sekresi pankreas ke dalam jejunum.

Nyeri dan gangguan rasa nyaman pada abdomen diatasi dan dicegah dengan cara seperti yang dalakukan pada pankreatitis akut. Amilase serum: Adanya penyulit lokal seperti nekrosis, pseudokista atau abses harus dimasukkan sebagai komponen sekunder dalam penentuan beratnya pankreatitis.

ยท R/:pemahaman tujuan diet dalam memaksimalkan penggunaan enzim yang ada dengan menghindari rangsangan berlebihan pada pancreas dapat meningkatkan keterlibatan pasien dalam pengawasan diri tentang kebuthan diet dan berespons terhadap makanan.

Penatalaksanaan pankreatitis kronis bergantung pada kelaian yang mungkin menjadi penyebab pada setiap pasien.

Terapi ditujukan untuk mencegah serta menangani serangan akut, mengurangi rasa nyeri serta gangguan rasa nyaman dan menangani insufisiensi eksokrin serta endokrin yang terdapat pada pankreatitis. Sebagai penyebab utama pankreatitis kronis, alkohol juga sebaiknya dihindari saat menjalani diet yang peka-pankreatitis.

Tergantung pada sejauh mana kerusakan, pasien mungkin juga harus menerima bentuk sintetik dari beberapa enzim untuk membantu pencernaan.

Penatalaksanaan Pasien dengan Pankreatitis Akut : Contoh Kasus

Kasus: Ny. N (35 th) seorang ibu rumah tangga sudah menikah dan belum mempunyai anak, BB 78 kg, TB cm. Diharuskan dirawat dirumah sakit, dengan keluhan waktu datang periksa perut sakit, mual, muntah dan sangat vsfmorocco.com: Nitnot.

Nyeri bertambah setelah pasien makan sesuatu. pasien juga mengeluh mual muntah dan badan meriang. Pasien tidak mempunyai riwayat penyakit Read morePenatalaksanaan Pasien dengan Pankreatitis Akut: Contoh KasusAuthor: Dr.

Re. Initial pemberian diet dimulai dengan diet solid rendah lemak dan clear liquid. 2. Pada kasus severe akut pankreatitis, pemberian nutrisi enteral direkomendasikan untuk mencegah komplikasi infeksi. 2.

Kasus diet pasien pankreatitis
Rated 0/5 based on 87 review